Cari Blog Ini

Jumat, 30 April 2010

pelaporan Segmen

TEORI PELAPORAN SEGMEN
(STUDI KASUS: PERUSAHAAN SOFT SOLUTIONS)


SoftSolutions, adalah suatu perusahaan peranti lunak yang berkembang pesat yang didirikan oleh Lori Sofler dan Marjorie Matsuo. Sebelum penjualan mengalami kemajuan pesat, sajauh ini penjualan pertama tentulah yang paling sulit. Diketahui bahwasanya SoftSolutions menjual piranti untuk perhotelan dan saat penjualan pertama tentu sangat sulit menarik konsumen dalam menggunakan produknya. Namun dengan kinerja manajemen yang baik tentulah kini perusahaan tersebut mampu mengembangkan piranti untuk pasar khusus secara cepat. Dan saat ini perusahaan tersebut telah berkembang hingga clip art dan permainan computer.
Selama empat tahun pendirian, Sofler dan Matsuo kini secara pribadi tidak mampu lagi mengarahkan semuanya, sehingga desentralisasi sudah menjadi kebutuhan. Sehingga perusahaan kini dibagi menjadi dua divisi, yakni Produk Bisnis dan Produk Konsumen.
Matsuo bekerja sebagai Direktur Utama
Sofler menjabat sebagai Wakil Direktur Divisi Produk Bisnis
Chris Worden (seorang ahli merintis clip art & permainan computer) sebagai Wakil Direktur Divisi Produk Konsumen

Menyusun laporan laba rugi tersegmen
Bill Carson, kontroler SofSolutions menyadari bahwa laporan laba rugi tersegmen diperlukan untuk mengevaluasi kinerja kedua divisi dengan lebih tepat. Bedasarkan laporan laba rugi konvensional dengan penentuan biaya penyerapan yang disusun untuk perusahaan secara keseluruhan, biaya manufaktur variabel dan biaya manufaktur tetap tercampur diharga pokok penjualan.
Dengan alasan tersebut Bill Carson menggunakan laporan laba rugi format kontribusi yang didasarkan pada penentuan biaya variabel yang dibahas dalam bab-bab sebelumnya. Ingat kembali pada saat format kontribusi digunakan:
1. Harga pokok penjualan haanya terdiri atas biaya manufaktur variabel
2. Biaya variabel dan tetap dicatat dibagian yang berbeda, dan
3. Margin kontribusi dihitung.


Apabila laporan tersebut disegmentasikan maka biaya – biaya tetap dipilah lagi menjadi biaya yang dapat ditelusuri dan biaya umum. Dan memungkinkan adanya margin segmen. (Gambar1: Laporan Laba Rugi Tersegmen dengan Format Kontribusi)


Terlihat pada laporan tersebut bahwa margin segmen divisi produk bisnis $60.000 dan untuk divisi produk konsumen $40.000. ini merupakan bagian laporan yang secara khusus diminta oleh manejer – manajer divisi perusahaan, mereka ingin tahu berapa banyak divisi mereka menghasilkan laba.
*Perhatikan bahwa $80.000 beban tetap yani dg dapat ditelusuri dibagi menjadi dua bagian ketika divisi produk konsumen dibagi menjadi lini produk $70.000 dapat ditelusuri dan $10.000 bersifat umum. Alasannya akan dibahas kemudian dibagian “biaya yang dapat ditelusuri dapat menjadi biaya umum”.

Biaya yang dapat ditelusuri dapat menjadi biaya umum
Biaya tetap yang dapat ditelusuri ke satu segmen mungkin saja merupakan biaya umum dari segmen lain. (Gambar 2: Reklasifikasi Biaya Tetap yang Dapat Ditelusuri dari laporan segmentasi (Gambar 1)




Pada data diatas terlihat ada sifat ganda beberapa biaya tetap bahwa pada saat segmen – segmen didefinisikan sebagai devisi. Devisi produk konsumen memiliki $80.000beban tetap yang dapat ditelusuri. Akan tetapi kita pecah lagi menjadi lini produk hanya $70.000 dari $80.000 ini dapat ditelusuri ke lini produk.
Perhatikan bahwa $10.000 lainnya menjadi biaya umum bagi dua lini produk divisi produk konsumen. Mengapa $10.000 biaya tetap yang dapat ditelusuri menjadi biaya umum pada saat divisi dibagi menjadi lini produk? sebesar $10.000 tersebut merupakan gaji bulanan manajer divisi produk konsumen. Gaji ini merupakan biaya umum dari lini produk tersebut. Gaji manajer adalah biaya yang diperlukan untuk memiliki dua lini produk tersebut, tetapi meskipun salah satu dari lini produkdihentikan sepenuhnya, gaji manajer kemungkinan tidak akan dipotong. Oleh karena itu tidak ada dari gaji manajer yang betul – betul dapat ditelusuri ke produk-produk individu.
Sebesar $70.000 biaya tetap yang dapat ditelusuri dari lini produk terdiri atas biaya-biaya periklanan khusus produk. Sejumlah $30.000 dihabiskan untuk iklan clip art dan $40.000 dihabiskan untuk iklan permainan computer. Biaya-biaya ini jelas ditelusuri ke lini – lini produk individu.

REFERENSI:
Resmi, Siti (2002), Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta : STIE YKPN

0 komentar:

Posting Komentar