Cari Blog Ini

Selasa, 01 Juni 2010

How To Get Inspired Action

“Bertindaklah…. maka keajaiban akan terjadi.”
“Tidak ada sukses tanpa tindakan!”

Anda mungkin pernah mendengar kalimat-kalimat seperti ini atau setidaknya yang senada yaitu menekankan pentingnya “tindakan” dalam meraih sukses. Dan memang betul, Anda pun akan setuju bahwa kita tidak akan bisa meraih sukses tanpa tindakan.

Seberapa besar harapan Anda untuk meminum segelas air, namun air tersebut tidak akan bisa diminum jika kita tidak menggerakan tangan kita mengambil gelas berisi air tersebut. Tindakan adalah sesuatu yang wajib dalam meraih sukses.

Ada dua hal yang perlu kita perhatikan mengenai tindakan. Yang pertama, sebenarnya banyak orang yang bertindak tetapi mereka tidak juga sukses. Kehidupannya tidak beranjak dari dulu. Mereka bekerja dari pagi, bahkan subuh sampai sore bahkan malam. Namun mengapa mereka tidak mendapatkan hasil yang lebih baik?

Yang kedua ialah, banyak dari kita menyadari bahwa kita harus bertindak. Banyak yang tahu bahwa merokok itu tidak baik menurut kesehatan, namun dia tetap saja merokok. Banyak yang tahu kalau kita harus bertindak untuk meraih sesuatu, tetapi tetap saja ‘tidak’ bertindak. Mungkin orang tersebut memiliki alasan untuk tidak bertindak, tetapi alasan bukannya akan menolong, justru malah menjerumuskan.

Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan terilhami, atau kita sebut dengan Inspired Action. Inspired action ialah sebuah tindakan berdasarkan ilham dan intuisi yang datang dari diri sendiri. Jika inspired action sudah muncul dari dalam diri kita, maka kita akan mudah bertindak, tidak terpaksa, tidak merasa tertekan, tetapi merupakan suatu tindakan yang muncul dengan sendirinya.

Inspired Action bukanlah tindakan acak tanpa hasil. Tetapi justru sebuah tindakan yang sangat terarah dan efektif yang akan memberikan hasil sangat signifikan dalam kehidupan kita. Inspired Action akan muncul sesuai dengan tujuan yang telah kita tetapkan dan selalu dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut.

Bagaimana agar kita memiliki inspired action dalam kehidupan kita? Ada empat langkah yang perlu kita lakukan untuk membangkitkan Inspired Action.

Yang pertama adalah kejelasan apa yang Anda inginkan. Anda tidak akan mendapatkan makanan yang Anda pesan disebuh restoran jika Anda tidak memesan dengan jelas. Kalau pun pelayan restoran menyajikan makanan untuk Anda, apakah akan sesuai dengan apa yang Anda harapkan? Maka sebuah kejelasan keinginan menjadi sangat penting.

Yang kedua, komunikasikan keinginan Anda kepada pikiran bawah sadar Anda sebab pikiran bawah sadar Andalah yang akan mengatur sistem tubuh Anda. Otak, syarat, dan juga pikiran sadar akan bekerja sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran bawah sadar Anda. Konsep ini dijelaskan melalui teori Psyco-Cybernetics.

Yang ketiga, bangunlah ‘keyakinan tidak tergoyahkan’. Tindakan Anda akan sangat dipengaruhi oleh keyakinan Anda. Keyakinan salah akan membuat tindakan Anda salah. keyakinan lemah akan membuat dorongan bertindak Anda lemah.

Yang keempat, “let’s go”. Biarkan hidup Anda mengalir, tenang dan rileks agar pikiran bawah sadar Anda bekerja dengan baik dan memandu tindakan Anda menjadi sebuah Inspired Action. Helmi Yahya pernah mengatakan bahwa kesuksesan dia dapat setelah dia menjalani hidup dengan “mengalir”. Sudahkan hidup Anda mengalir seperti air? Air begitu fleksible dalam mengalir, dia tahu harus mengalir kemana agar tercapai samudra (tujuannya).

Salam Spektakuler...KMPI

0 komentar:

Posting Komentar