Cari Blog Ini

Selasa, 01 Juni 2010

Perbedaan gila dan jenius

SALAM SPEKTAKULER...!

sahabat KMPI dimanapun berada, pada provocation day hari ini KMPI mau ngebahas tentang perbedaan antara gila dan jenius..

Tak kelebihan jika ada yang beranggap batasan antara jenius dan gila sangat tipis. Studi Institut Karolinska di Stockholm mengungkap, cara kerja otak orang-orang jenius mirip dengan aktivitas otak penderita gangguan jiwa atau skizofrenia.
Temuan yang dilansir dalam Jurnal Plot ONE mengungkap bahwa orang yang dikategorikan sebagai tipe kreatif itu tidak dapat menyaring Informasi di kepala mereka, sebagaimana pada umumnya.
Sehingga, mereka mampu membuat koneksi baru dan menghasilkan ide-ide unik.
# "Berfikir diluar kotak mungkin difasilitasi dari kemampuan otak yang kurang utuh," kata Fredrik Ullen, salah satu peneliti.

Studi yang sama menemukan bahwa orang kreatif pada umumnya memiliki keluarga dengan sejarah penyakit mental atau gangguan bipolar.
Selain itu, sifat-sifat psikologis tertentu, seperti kemampuan membuat asosiasi yang tidak biasa atau aneh juga biasanya dimiliki baik penderita skizofrenia maupun orang-orang kreatif.

Beberapa penelitian sebelumnya menemukan hubungan kreatif dengan sistem neuron yang merespon dopamin di otak. Dalam sebuah survei terhadap belasan orang yang dianggap sangat kreatif, peneliti menganalisis area reseptor D2 atau thalamus di otak mereka.
Thalamus berfungsi sebagai semacam pusat relay dan menyaring informasi sebelum mencapai daerah korteks, pengaturan kognisi dengan penalaran.
# "Seperti penderita skizofrenia, orang kreatif memiliki densitas D2 rendah di bagian otak," katanya seperti dimuat dalam live science.

Kurangnya reseptor D2 di thalamus memungkinkan tingkat penyaringan informasi yang lebih rendah daripada orang biasa.
# "Kemungkinan ini pula yang mengakibatkan mekanisme pemecah masalah dalam otak orang kreatif sama seperti yang ditemukan dalam otak penderita gangguan jiwa."

Peneliti semacam ini terus dilakukan untuk menjawab perdebatan mengenai banyaknya tokoh jenius yang ternyata memilki gangguan. Mereka antara lain Fisikawan Isaac Newton, Komposer Ludwig Van Bethoven, dan penulis Edgar Allan Poe, pelukis Vincent Van Gogh.
Dibalik kejeniusannya, seluruhnya mengalami gangguan kejiwaan.(pet)

0 komentar:

Posting Komentar