Cari Blog Ini

Kamis, 06 Januari 2011

INVESTASI

Investasi

Investasi merupakan komitmen dana pada saaat ini, yang diharapkan menghasilkan “tambahan dana” di masa depan dimana “tambahan dana” tersebut merupakan konpensasi terhadap (a) jangka waktu dana, (b) tingkat inflasi, (c) ketidakpastian. Sebelum anda mengambil keputusan pilihan investasi, hal penting yang penting anda pertimbangkan dahulu adalah : faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi bidang investasi yang akan anda pilih, seperti:

1. Pribadi Anda

Anda harus menilai dan memperhitungkan secara cermat, berapa usia anda, bagaimana rencana anda di masa depan dan pribadi anda sendiri. Apakah anda tergolong orang yang suka menempuh resiko (risk averter). Hal ini sangat penting diperhatikan karena merupakan dasar utama dalam pengambilan keputusan untuk memilih investasi yang sesuai.

2. Pajak

Sebagai warga Negara yang baik maka anda harus menunaikan kewajiban untuk membayar pajak. Dengan demikian anda harus menghitung berapa kira-kira keuntungan bersih anda setelah dipotong pajak.

3. Likuiditas

Likuiditas atau kelancaran, menunjukan tingkat kemudahan dalam mencairkan modal (principal) investasi anda. Bila anda sewaktu-waktu membutuhkan uang tunai dengan segera, apakah pilihan investasi anda mudah atau sulit dicairkan.

4. Situasi Ekonomi Internasional

Dalam era globalisasi dan dunia perekonomian bebas saat ini, unsur ketergantungan antar Negara amat besar, perubahan kewajiban ekonomi suatu negara dapat memberikan dampak positif atau negatif terhadap negara lainnya. Informasi yang tersedia dari surat kabar dan majalah perlu dianalisis secara singkat, kira-kira apa pengaruhnya terhadap obyek investasi anda.

5. Situasi Ekonomi Nasional

Situasi ekonomi nasional mempunyai yang besar terhadap bidang usaha atau industri dimana obyek investasi anda tanamkan. Ikutilah dengan seksama perubahan undang-undang / peraturan dan kebijakan pemerintah karena hal tersebut akan bermanfaat dalam menentukan strategi investasi anda.

6. Situasi Industri

Situasi industri dimana objek investasi anda berada sangat berpengaruh terhadap objek investasi yang anda tanamkan. Apabila bidang industri tersebut sedang berkembang, sedang mendekati titik jenuh atau bahkan sudah jenuh. Hal ini sangat berguna untuk mengambil keputusan apakah masih akan menentukan investasi atau akan beralih ke bidang industri lain.

7. Sain dan Teknologi

Sain dan Teknologi adalah fitrah utama manusia yang tidak pernah berhenti berfikir untuk mencari dan menemukan sesuatu. Perhatikan saja personal komputer yang ada di meja anda, yang akan menjadi kuno dalam kurun waktu enam bulan, karena telah ditemukannya microchip baru. Berikanlah minat dan perhatikan perkembangan sain dan teknologi kerena hal ini sangat bermanfaat bagi strategi dan perencanaan investasi anda.

8. Siklus dan Tren

Suatu kepercayaan bahwa setiap kegiatan usaha, bahkan juga segala bentuk kehidupan manusia bekerja dalam siklus/daur. Setiap kejadian di masa lampau umumnya akan terulang kembali dalam skala berbeda. Para ahli riset menyebut hal ini sebagai Analisis teknis dan daur. Tujuan analisis ini adalah untuk meramalkan hal-hal dimana masa depan berdasarkan kejadian data masa lampau. Analisis teknis membantu memperlihatkan kecenderungan tren ke masa depan, dan biasanya dipergunakan untuk perencanaan invetasi jangka panjang. Informasi penting seperti perubahan tingkat suku bunga, kebijakan nilai tukar mata uang, kenaikan BBM, deregulasi, pemilu dan sebagainya akan bermanfaat perencanaan investasi anda.

0 komentar:

Posting Komentar